Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Butuh Pemimpin Yang Kesatria Dan Legowo



Oleh: Hadi Sasongko (Direktur POROS)


Sejumlah pihak menyarankan Presiden Jokowi bersikap kesatria, legowo dan mundur secara terhormat dari pada tetap mempertahankan kekuasaanya hingga 2024. Sebab, ada banyak sekali korban jiwa akibat Covid-19 merupakan bukti nyata kegagalan Jokowi sebagai presiden. Apalagi dari awal Jokowi menganggap remeh Covid-19.

Banyak yang berpendapat bahwa saat ini kepercayaan rakyat sudah hilang. Opsinya cuma dua, mundur teratur atau mungkin kelak berpotensi dimundurkan dengan gerakan rakyat. Kalau masih bertahan, angka kematian tinggi karena pemerintah tidak punya solusi yang jitu menyelesaikan pandemi Covid-19 dan memburuknya kebijakan ekonomi. 

Banyak yang menilai periode kedua Jokowi saat ini adalah periode kegagalan yang diawali dengan pademi Covid-19 sejak awal tahun lalu, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin terpuruk. Ironisnya, pemerintah hanya berwacana dan membuat aturan yang justru merugikan masyarakat. Semua kebijakan yang diberlakukan pemerintah sama sekali tidak konsisten bahkan merugikan masyarakat mulai dari PSBB, program bansos, dan PPKM. Belum lagi aturan yang memberatkan masyarakat saat bepergian keluar kota seperti harus swab antigen, PCR dan sebagainya.

Semua itu makin menyadarkan kita bahwa kita butuh pemimpin Muslim yang bertakwa yang menerapkan Islam. Pemimpin Muslim yang bertakwa akan senantiasa memperhatikan urusan dan kemaslahatan rakyat. Sebab, dia takut kelak pada Hari Kiamat rakyatnya menuntut dirinya di hadapan Allah SWT atas kemaslahatan rakyat yang terabaikan. Dia pun sadar harus bertanggung jawab atas semua urusan rakyat di hadapan Allah SWT kelak. Rasul saw. bersabda:

« فَالأَمِيرُ الَّذِى عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ »

Pemimpin yang mengurusi urusan masyarakat adalah pemelihara dan dia bertanggung jawab atas urusan rakyatnya (HR al-Bukhari dan Muslim).

Islam memiliki segenap aturan dan sistem yang bisa menjamin pelayanan kesehatan yang baik untuk seluruh rakyat. Sistem Islam terutama sistem ekonomi Islam akan bisa memberikan jaminan atas pemenuhan kebutuhan pokok untuk seluruh rakyat. Karena itu penerapan syariah secara menyeluruh oleh pemimpin Muslim yang bertakwa itulah yang harus segera diwujudkan bersama. 

Posting Komentar untuk " Butuh Pemimpin Yang Kesatria Dan Legowo"