Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Pengungsi Afghanistan di Jakarta Memprotes Pengambilalihan Taliban atas Negara Mereka



Jakarta, Visi Muslim- Ratusan pengungsi Afghanistan yang tinggal di Indonesia, yang sebagian besar anggota etnis minoritas Hazara, mengadakan turun ke jalan pada Selasa, (24/8/2021), guna mengecam pengambilalihan Taliban atas negara mereka.

Indonesia tidak terlibat dalam penandatangan Konvensi Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 1951 dan Protokol 1967, dan pemerintah Indonesia juga tidak mengizinkan pencari suaka untuk bekerja atau memiliki akses ke sekolah dan rumah sakit umum.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan di luar kantor badan pengungsi PBB di ibu kota Jakarta dengan banyak yang mengatakan mereka sangat khawatir dengan keluarga mereka di rumah.

“Semua orang ketakutan karena situasi saat ini dan berusaha mati-matian untuk melarikan diri,” kata pengunjuk rasa berusia 28 tahun, Hakmat Ziraki.

Ziraki mengatakan bahwa kerabatnya, tidak tahan bertahun-tahun hidup seperti di neraka tanpa pekerjaan, akhirnya kembali ke Afghanistan. Pada hari Jumat, dia menerima pesan teks dari saudara perempuannya, yang mengatakan bahwa dia putus asa dan bahwa semua orang di desa mereka telah mengirim anak perempuan mereka ke luar negeri.

Spanduk pada protes kemarin bertuliskan "Afghanistan tidak aman" dan sejumlah tulisan lainnya.

“Menunggu lebih dari delapan tahun tanpa kepastian benar-benar mengerikan,” kata Ziraki.

Pejabat badan pengungsi PBB di Jakarta belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Para pengunjuk rasa bubar setelah beberapa jam, ketika polisi mengancam akan menangkap mereka karena melanggar keadaan darurat kesehatan di Jakarta, yang telah dilanda virus corona.

Afghanistan menyumbang sedikit lebih dari setengah dari 13.400 pengungsi di Indonesia, menurut angka PBB dari April.

Banyak pencari suaka melarikan diri ke Indonesia sebagai titik awal untuk mencapai Australia dengan perahu. Namun sejak 2013, pemerintah Australia telah mengirim kembali kapal-kapal yang seringkali nyaris tidak layak laut itu kembali ke perairan Indonesia. [] Gesang/ Khusnul Khatimah 

Posting Komentar untuk "Ratusan Pengungsi Afghanistan di Jakarta Memprotes Pengambilalihan Taliban atas Negara Mereka "

close