Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan Bilateral yang Berkembang, Menlu UEA Bakal Kunjungi Israel Secepatnya



Abu Dhabi, Visi Muslim- Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Abdullah bin Zayed Al-Nayhan, mengatakan pada hari Rabu, (13/10/2021), bahwa ia akan mengunjungi Israel secepatnya, ditambahkan bahwa negaranya terkesan dengan hubungan bilateral antara kedua negara yang berkembang.

Bin Zayed juga mengatakan selama konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid di Washington D.C. bahwa tidak akan ada pembicaraan damai di Timur Tengah jika Israel dan Palestina tidak "berbicara".

Dia menekankan bahwa hubungan UEA-Israel yang lebih sukses akan mendorong baik Israel maupun Palestina untuk melihat "bahwa jalan ini telah berhasil, bahwa jalan ini tidak hanya layak untuk diinvestasikan tetapi juga mengambil risiko".

Tahun lalu, Israel dan UEA sepakat untuk menormalkan hubungan dalam perubahan besar dalam politik Timur Tengah.

Mengenai konflik di Yaman, UEA menginginkan resolusi "tetapi yang menyeret kita dalam situasi ini adalah kurangnya kemauan dan komitmen di pihak Houthi", kata Bin Zayed, merujuk pada gerakan perlawanan yang bersekutu dengan Iran yang menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional. Mereka telah menguasai ibu kota Sanaa pada tahun 2014 dan sekarang menguasai sebagian besar Yaman utara dan pusat kota utama.

“Kita semua bekerja sangat keras di antara teman-teman untuk memastikan Yaman memiliki kehidupan yang lebih baik. Tetapi pada saat yang sama, kita harus ingat bahwa kita tidak berakhir dengan situasi di mana kita memiliki Hizbullah lain yang mengancam perbatasan Arab Saudi" katanya, merujuk pada kelompok Syiah kuat yang bersekutu dengan Iran di Lebanon. [] Reuters/Gesang 

Posting Komentar untuk "Hubungan Bilateral yang Berkembang, Menlu UEA Bakal Kunjungi Israel Secepatnya"