Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi “Keukeuh” Pindah Ibu Kota, Rizal Ramli: Awas Jangan Seperti Brasil, Gagal Total

 


Jakarta, Visi Muslim- Ekonom senior Rizal Ramli menyoroti sikap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terkesan “Ngotot” ingin memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur (Kaltim), meski kondisi perekonomian Indonesia masih “babak belur”.

Rizal menyesalkan sikap pemerintah tersebut. Padahal di satu sisi, ia menyebut cukup mengetahui bahwa Indonesia tak punya uang dan masih membutuhkan anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu ia disampaikan Rizal Ramli diskusi virtual Gelora Talks bertajuk “APBN di antara Himpitan Pajak dan Utang Negara”, dikutip Kamis (21/10/2021).

“Kita tidak punya uang untuk membangun ibu kota baru atau proyek ini atau proyek itu,” kata Rizal Ramli.

Alih-alih sukses memindahkan Ibu Kota Negara, mantan Menko Maritim itu justru khawatir nasib Indonesia seperti negara Brasil yang gagal total dalam pemindahan Ibu Kota Negara. Terlebih katanya, lokasi Ibu Kota baru di Kaltim tersebut sangat tidak strategis karena terlalu jauh.

“Brasil bikin ibu kota baru Brazilian City, tiga jam dari kota lama Rio de Janeiro, gagal. Hanya jadi monumen,” ungkapnya.

Berbeda lagi dengan Malaysia yang berhasil memindahkan Ibu Kota Negaranya, karena jarak Ibukota awal dengan yang baru tidak terlalu jauh.

“Malaysia, bikin ibu kota baru, hanya kurang satu jam dari Kuala Lumpur, berhasil,” pungkasnya. (fin)

Posting Komentar untuk "Jokowi “Keukeuh” Pindah Ibu Kota, Rizal Ramli: Awas Jangan Seperti Brasil, Gagal Total"