Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muhammad, Sang Teladan Terbaik




Oleh: Citra Dewi Anita 


Siapa yang tidak cinta kepada orang yang paling mulia di dunia? Ia yang paling baik akhlaqnya dan orang yang paling baik ilmunya. 

Mayoritas umat islam memperingati hari lahir sang Nabi, tak lain agar kita menjadikan beliau sebagai satu-satunya pegangan, contoh, suri tauladan, dalam semua aspek kehidupan. 

Sebagaimana dalam firman Allah 

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

(Qs. Al Ahzab: 21)

Beliau adalah pribadi yang paling mulia akhlaqnya. Tidak pernah beliau berlaku keji, tidak pernah mengucapkan kata-kata kotor bahkan ketika beliau dilempari kotoran, dianiaya. Beliau bersabar dan tidak sedikitpun membalas, justru mendoakan kebaikan pada yang menyakiti. Beliau tidak pernah berbuat kegaduhan. Perilaku beliau paling baik terhadap wanita dan keluarga. Beliaulah teladan terbaik dalam bertetangga, bergaul, berteman, berdakwah dan bermuamalah. 

Beliau sangat sabar ketika ada tetangganya selalu menyimpan kotoran di depan rumahnya, bahkan sang nabi membalas dengan membawakan makanan kepada orang tersebut. Beliau setiap hari menyuapi sang kakek buta yang memebenci dan menghujatnya. Kakek buta itu baru sadar setelah kepergian nabi, yang selalu dimaki oleh kakek buta itu tidak lain adalah yang memberikan kasih sayang kepadanya tiap hari. Alangkah kakek tersebut kaget dan tidak lagi ragu untuk mengucapkan kalimat syahadat juga memuji betapa agung dan mulia sifat sang nabi. 

Rasul saw juga memberikan teladan bagaimana menjalankan sistem pemerintahan islam. Beliau membangun struktur kenegaraan. Sebagai kepala negara beliau menerapkan syariah Islam secara menyeluruh tidak ada hukum timbang pilih bak makanan di prasmanan. 

Semua sikap prilaku nabi adalah keteladanan yang harus dicontoh secara totalitas. Beliau ada nabi beliau adalah rasul, beliau adalah pemimpin seluruh umat  semoga kita bisa meneladani dan merealisasikan sistem yang beliau contohkan yaitu sistem islam melalui penerapan syariah secara menyeluruh. 


"Siapa yang cinta pada Nabi-Nya

Pasti bahagia dalam hidupnya."



Wallahu ‘alam bishowab

Posting Komentar untuk "Muhammad, Sang Teladan Terbaik"

close