Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat!! Ini Profil Kepribadian Muslim Cegah Kasus Kekerasan Seksual




Surabaya, Visi Muslim- PKAD - Dalam [LIVE] INSIGHT #111 Pusat Kajian Dan Analisis Data bertajuk "#SAVENOVIAWIDYASARI" dr. Faizatul Rosyidah, M. Ked. Trop menjelaskan pentingnya seorang muslim memiliki profil kepribadian Islam. Hal ini sebagai salah satu upaya individu bentengi diri dari beragam kasus kekerasan seksual. (Rabu, 8/12/21)

Profil seorang muslim beliau sampaikan sebagai kepribadian Islam. Adapun sandaran utamanya berada pada kekokohan aqidah (iman).

"Sandaran seorang muslim yang membangun profil kepribadian Islam awalnya (pondasi) yakni aqidah Islam. Dalam hal aqidah berkaitan dengan keyakinan dia hadir di muka bumi adalah dengan misi penciptaan. Adanya Al Khaliq yang menciptakan yakni Allah SWT.," jelas beliau.

Selain iman yang kokoh, dr. Faizatul Rosyidah juga menambahkan pentingnya bekal tsaqofah untuk memahami aturan Allah SWT. 

"Seperangkat aturan yang Allah SWT. sertakan ia diminta untuk menjalankan dan nantinya akan kembali pada Allah SWT. untuk mempertanggung jawabkannya. Selain itu juga bagaimana ia melakukan amanah pengaturan dari Allah SWT,"tandasnya.

Sebagai salah seorang konsultan parenting dan generasi, beliau menambahkan bahwasanya kesadaran manusia akan hubungannya dengan Allah SWT. merupakan kekuatan spiritual seorang muslim.

"Kesadaran dia dengan Allah SWT. sebagai kekuatan spiritual seorang muslim. Adanya dorongan ruhiyah menjadikannya diawasi dan takut hanya kepada Allah SWT," ungkap beliau.

Oleh karenanya, dr. Faizatul Rosyidah mengokohkan bahwa seharusnya seorang muslim menjaga imunnya dengan didukung tsaqofah sebagai upaya pertahanan nafsu. Karena setiap manusia sesuai fitrohnya memiliki nafsu.

"Imun pada kepribadian Islam pada seorang muslim dibangun oleh iman. Selain itu didukung tsaqofah/pemahaman Islam untuk menundukkan nafsunya. Ini bagian dari kontrol diri yang kuat hubungan dia dengan Allah SWT. sebagai Al khaliq," tegas beliau.[] 

Posting Komentar untuk "Catat!! Ini Profil Kepribadian Muslim Cegah Kasus Kekerasan Seksual"