Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendidik dengan Adab: Menghindari Toxic Parents



Kab. Malang, Visi Muslim- Anak adalah amanah dari Allah. Amanah yang tidak ringan, menjalaninya memerlukan seperangkat ilmu agar sesuai dengan tuntunan-Nya. Mendidik anak hari ini pun memiliki banyak tantangan, maka sudah selayaknya sebagai orang tua membekali diri dengan ilmu dalam pengasuhan dan pendidikan kepada anak.

Berbicara tentang adab, sudah banyak pembahasan terkait adab. Adab murid kepada guru, adab guru kepada murid, juga adab anak terhadap orang tua. Namun, jangan lupa posisi orang tua saat memberikan pendidikan kepada anak juga terdapat adab yang harus dipenuhi. Inilah yang menjadi pembahasan utama dalam kegiatan pengajian rutin Majelis Ta'lim Syifa'ul Qulub RT 13 dan RT 14 Perumahan Bumi Banjararum Asri-Estate Singosari Kabupaten Malang pada Kamis, (25/8/2022).



Pengajian rutin yang mengangkat tema Jangan Menjadi Orangtua yang Toxic ini dibawakan oleh Ustadzah Hilda Syafifa. Orang tua yang toxic adalah gambaran orang tua yang memberikan pengaruh negatif kepada anak. Diantara ciri-ciri orang tua yang toxic adalah: (1) mementingkan ego orang tua, (2) melecehkan kemampuan dan fisik anak, (3) sering memarahi anak, (4) terlalu mengatur, (5) membiarkan anak melakukan kesalahan.

Islam sebagai agama dan petunjuk hidup yang paripurna telah memiliki seperangkat ilmu dan tuntunan dalam mendidik anak, tentunya jika tuntunan mendidik dalam Islam ini digunakan, maka niscaya tak akan ada lagi orang tua yang toxic. 

Allah SWT tidak main-main dalam mengaruniakan buah hati kepada sepasang orang tua. Jika Allah menghendaki amanah tertentu, in sya Allah orang tua tersebut mampu menjalani perannya dengan baik.

Islam memberikan petunjuk agar pendidikan kepada anak ditujukan untuk membentuk anak-anak yang berkepribadian Islam, pola pikir Islam, dan berperilaku sesuai dengan tuntunan Islam. Tujuan ini juga memerlukan dukungan masyarakat agar semakin optimal. Dengan pola pikir dan pola sikap Islam, anak akan terlatih dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan memakai solusi Islam. Maka, sebagai orang tua haruslah membekali diri agar menjadi orang tua yang beradab, sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh Allah demi mencetak generasi gemilang yang beradab, bertauhid, dan melaksanakan syariat Islam secara kaffah.

Pengajian yang dihadiri oleh puluhan ibu-ibu dari jamaah Majelis Ta'lim Syifa'ul Qulub ini bertempat di rumah Ibu Wawan. Pengajian rutin seperti ini menjadi kegiatan yang positif di lingkungan sebagai syiar dan momen muhasabah. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pengurus RT setempat. Acara ditutup dengan doa oleh Bu Fuad. Semoga ilmu yang didapatkan oleh jamaah dapat diaplikasikan dan membawa kebaikan, aamiin. [] Indah Permatahati

Posting Komentar untuk "Mendidik dengan Adab: Menghindari Toxic Parents"

close