Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Klaim 70 Persen Penghasilan Freeport Masuk Kantong RI, Yan Harahap: Kantongnya Siapa?

Yan Amrullah (Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Partai Demokrat)

Jakarta, Visi Muslim- Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Partai Demokrat, Yan Amrullah Harahap merespons klaim Presiden Joko Widodo soal 70 persen pendapatan PT Freeport Indonesia telah menjadi milik Indonesia.

Yan Harahap menyandingkan pernyataan Jokowi itu dengan kondisi masyarakat miskin di Indonesia saat ini. Di mana dalam perhitungan baru Bank Dunia, jumlah warga miskin Indonesia akan bertambah 27 juta menjadi 168 juta.

Anak buah AHY itu lantas mempertanyakan dana hasil Freeport tersebut masuk ke kantong siapa.

“Percuma masuk kantong kalau rakyat miskin makin bertambah. Masuk kantongnya siapa????,” tulis Yan dikutip Fajar.co.id di akun Twitter miliknya, Rabu (12/10/2022).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut 70 persen pendapatan PT Freeport Indonesia telah menjadi milik Indonesia. Hal ini terjadi setelah 51 saham perusahaan diakuisisi pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Jokowi mengatakan dulu Indonesia hanya memiliki 9 persen saham Freeport dengan perolehan dividen 9 persen.

“Setelah ambil alih 51 persen kita dapat pajak, dividen, royalti, bea ekspor, penerimaan negara bukan pajak, saya suruh hitung berapa jumlahnya, 70 persen dari pendapatan yang ada di Freeport,” ujarnya di Investor Daily Summit, Selasa (11/10).

Indonesia berhasil mengakuisisi sebagian besar saham PTFI pada akhir 2018 lalu. Hal itu menjadi momen bersejarah sejak PTFI pertama kali beroperasi di Indonesia pada 1973 silam. []vm

Sumber : Fajar

Posting Komentar untuk "Jokowi Klaim 70 Persen Penghasilan Freeport Masuk Kantong RI, Yan Harahap: Kantongnya Siapa?"