Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vatikan Selidiki Kabar Pesta Seks di Katedral Inggris

John Lawson, Belhaven/Getty

VisiMuslim - Vatikan sedang menyelidiki kabar “pesta seks” di sebuah katedral di Inggris yang diduga terjadi saat lockdown.

Sebagai bagian dari investigasi seputar latar belakang pengunduran diri Robert Byrne sebagai uskup Hexham dan Newcastle, Gereja Katolik menyelidiki sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa salah satu pendeta bawahannya mengundang beberapa jemaat untuk menghadiri pesta di rumah dinasnya.

Beberapa orang dikatakan sudah memasukkan pengaduan perihal Romo Michael McCoy, diaken Katedral Newcastle, yang mengajak mereka untuk menghadiri pesta di masa pandemi ketika kumpul-kumpul dilarang.

Dilansir The Guardian (22/1/2023), sebuah sumber keuskupan kepada Sunday Times mengatakan, “Beberapa pengaduan telah disampaikan oleh sejumlah individu di lingkungan keuskupan setelah mencuatnya informasi tentang pesta seks yang digelar di area tempat tinggal pendeta yang berdempetan dengan Katedral Newcastle.”

McCoy, 57, memilih untuk bunuh diri pada April 2021 empat hari setelah mengetahui dirinya akan diselidiki oleh aparat dari Departemen Pelindungan Anak dan Remaja Kepolisian Northumbria dalam kasus pedofilia.

McCoy diangkat oleh Byrne pada 2019, menggantikan rohaniwan populer Romo Dermott Donnelly, abang dari penyiar televisi Declan Donnelly. Romo Donnelly meninggal dunia karena sakit pada Juli 2022.

Sementara tidak ada bukti yang menunjukkan Byrne menghadiri pesta seks itu, dia memilih mundur dari jabatan uskup pada Desember 2022. Kepada jemaat dia mengatakan bahwa “kantornya sudah menjadi beban berat” bagi Gereja Katolik.

Di dalam sebuah surat yang ditujukan kepada lembaganya, yang dibacakan di St Mary’s Cathedral di Newcastle, dia berkata: “Kelemahan saya sendiri telah membuat saya menyadari bahwa saya sekarang merasa tidak mampu untuk terus melayani jemaat di keuskupan ini dengan cara yang saya harapkan.”

Dia diberikan jabatan pada 2019, setelah sebelumnya diperbantukan di Keuskupan Birmingham dan menduduki posisi sebagai rektor Oratorium Oxford dari tahun 1993 sampai 2011.

Dalam sebuah surat yang dilihat Sunday Times, Uskup Agung Liverpool Malcolm McMahon, yang mengendalikan keuskupan sampai pengganti Byrne dilantik dan memimpin penyelidikan seputar pengunduran dirinya, mengatakan bahwa dia diminta oleh para penasihat Paus Fransiskus untuk mempersiapkan “sebuah laporan mendalam seputar kejadian-kejadian yang berujung pada pengunduran diri Uskup Byrne “.

Pekan lalu, Catholic Safeguarding Standards Agency (CSSA) sudah memulai “audit tidak terjadwal” di keuskupan tersebut.

Steve Ashley, pimpinan eksekutif CSSA, mengatakan lembaganya independen dan memiliki otonomi penuh dalam menangani kasus-kasus seperti ini. []

Sumber : Hidayatullah

Posting Komentar untuk "Vatikan Selidiki Kabar Pesta Seks di Katedral Inggris"

close