Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manisnya Iman


Oleh : H. Luthfi H.
جاء في فتح الباري شرح صحيح البخاري لابن حجر العسقلاني بتصرف في "باب حلاوة الإيمان".

Dalam Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari oleh Ibnu Hajar Al Atsqalaniy dalam Bab Manisnya Iman.

حدَّثَنا محمدُ بنُ المُثنّى قال حدثنا عبدُ الوهاب الثقفي قال حدثنا أيوبُ عن أبي قلابة عن أنس بن مالك رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "ثلاثٌ مَن كُنَّ فيه وَجَدَ حلاوةُ الإيمان: أن يكونَ اللهُ ورسولُه أحَبَّ إليه مما سواهما، وأن يُحِبَّ المرءَ لا يُحِبُّه إلا لله، وأن يَكْرَهَ أن يَعُودَ في الكفر كما يَكرهُ أن يُقْذَفَ في النارِ".

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab Ats Tsaqafi berkata, telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Abu Qilabah dari Anas bin Malik dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:

"Tiga perkara yang apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman: Dijadikannya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya. Jika ia mencintai seseorang, dia tidak mencintainya kecuali karena Allah. Dan dia benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci bila dilempar ke neraka" ( HR. Bukhari).

إن المحبة شعور عظيم جميل يرفع من همّة الإنسان في هذه الحياة، وقد دأب المسلمون على مر العصور على المحافظة على هذا الخلق الجميل الرائع، فتحابوا فيما بينهم، وأنجزوا بهذه المحبة أعمالا كبيرة، وعاشوا بشعور من الراحة و الطمأنينة، وكلما ازداد حجم المحبة فيما بينهم ازدادت إنجازاتهم، وكلما كان التباغض فيما بينهم قلت تلك الإنجازات وعاشوا بشقاء وتعاسة.

Sungguh cinta adalah perasaan yang sangat agung dan indah, yang akan menjadi pendorong dan mengangkat semangat manusia dalam hidup ini. 

Umat Islam secara konsisten selama berabad-abad telah mempertahankan atas realitas penciptaan raca cinta yang indah dan istimewa ini. Mereka saling mencintai diantara mereka. Mereka menyempurnakan dengan rasa cinta ini berbagai aktivitas yang besar. Mereka hidup dengan perasaan penuh kenyamanan dan ketenangan. Saat bertambah rasa cinta itu --diantara mereka--, maka makin meningkat pula prestasi mereka dalam kehidupan. Dan saat perasaan cinta itu meredub, benci yang terlihat diantara mereka, berkurang pula prestasi yang mereka raih. Jadilah mereka hidup penuh dengan rasa sesak dan kesengsaraan. 

ايها المسلمون:

كيف إذا كانت المحبة على أساس لا إله إلا الله، وعلى أساس العقيدة؟ لا شك أن الأمة ستنتقل من إنجاز إلى إنجاز، ومن تقدم إلى تقدم، ومن سعادة إلى سعادة ومن توفيق إلى توفيق، فهذه حضارة الإسلام ماثلة أمام أعيننا، تاريخ من العزة ما زال قبس نوره يضيء مستقبلنا، رغم ما حل بنا من ظلم وقهر وقتل وتشريد. نعم أيها المسلمون، بالمحبة ارتفعت همّة المسلمين الأوائل، وبالمحبة أيضا ترتفع همتكم بإذن الله تعالى لتعملوا لإعادة حكم الله في أرض الله، لتطبقوا شرعه في خلقه، ليعم العدل من جديد، من خلال دولة إسلامية حقيقية، خلافة على منهاج النبوة، بشر بها رسولكم الكريم عندما قال: ثم تكون خلافة على منهاج النبوة".

Wahai kaum Muslim...
Jika kecintaan kaum muslimin atas dasar 'laa ilaha illa Allah", dan terbangun atas pondasi akidah Islamiyyah. Tidak diragukan lagi, niscaya umat ini akan selalu menorehkan prestasi demi prestasi, kemajuan demi kemajuan, dan kebahagiaan demi kebahagiaan, serta Taufik demi Taufik dari Allah SWT. 

Maka sungguh peradaban Islam itu terletak di depan mata kita. Sejarah kemuliaan kita akan selalu menjadi penerang masa depan kita. Terlepas dari apa yang tengah terjadi pada kita; atas tindak ketidakadilan, penindasan, pembunuhan, dan berbagai perilaku pengusiran. 

Memang benar wahai kaum Muslim, generasi terdahulu, bahwa dengan rasa cinta itu akan memacu semangat mereka. Dan dengan rasa cinta itu juga kita memacu semangat kita --dengan idzin Allah-- untuk beraktivitas mengembalikan kembali hukum-hukum Allah di bumi Allah ini. Menerapkan kembali syari'at-Nya atas makhluk-makhluk-Nya. Untuk kembali menegakkan keadilan di era yang baru. Lewat Daulah Islamiyyah yang hakiki. Khilafah atas metode kenabian. 

Dengan bisyarah Rasul yang mulia. Bahwa beliau saw bersabda; "Kemudian akan ada masa ke-Khilafahan atas metode Kenabian". 

اللهمَّ عَاجِلْنا بخلافةٍ على منهاجِ النبوةِ تلم فيها شُعثَ المسلمين، ترفع عنهم ما هم فيه من البلاء،
اللهمَّ أنرِ الأرض بنور وجهك الكريم. اللهمَّ آمين آمين.

Ya Allah. Segerakanlah bagi kami tegaknya Khilafah Rasyidah ala Minhaj Nubuwwah. Yang dengan nya, merajut dan terselesaikan ketercerai-beraian persoalan kaum muslimin. Dengan nya pula akan diangkat segala bala dan petaka. Ya Allah, berilah cahaya di muka bumi ini dengan cahaya --wajah-- Kemuliaan-Mu. Amin Ya Rabbal 'Alamin. [VM]

كتبه للإذاعة: أبو مريم

Posting Komentar untuk "Manisnya Iman"

close