Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemerintah China Sediakan Dua Pesawat Jemput Warga Thailand dan Malaysia di Hubei



Jakarta, Visi Muslim -- Pemerintah China mengirimkan dua pesawat untuk menjemput warga Provinsi Hubei yang tak bisa pulang dari Thailand dan Malaysia di tengah kekhawatiran akan wabah virus corona.

AFP melaporkan bahwa maskapai Xiamen Airlines telah menjemput warga negara China dari Kota Kinabalu, Malaysia, dan ibu kota Thailand, Bangkok, pada Jumat (31/1).

Mereka mendarat di bandara China pada Jumat (31/1) malam dan langsung disambut otoritas kesehatan setempat dengan pakaian pelindung seluruh tubuh.


Pihak maskapai mencatat ada 117 warga China di Bangkok dan 100 orang lainnya di Malaysia yang dibawa pulang hari itu.


Beijing mengirimkan pesawat ini karena lebih dari 30 maskapai di seluruh dunia menghentikan atau memangkas penerbangan ke China di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona yang berasal dari Negeri Tirai Bambu.

"Karena kesulitan praktis yang dihadapi warga China dari Hubei terutama Wuhan, di luar negeri" ujar perwakilan dari Kementerian Luar Negeri China.



Kekhawatiran publik kian tinggi setelah pada Sabtu, dilaporkan bahwa virus corona sudah menginfeksi nyaris 12 ribu orang. Jumlah tersebut melampaui orang yang terinfeksi SARS pada 2002-2003, yaitu 8.098 orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menetapkan status gawat darurat akibat wabah virus corona.

Perkembangan kini di China, jumlah korban kasus yang dikonfirmasi bertambah 2.012 menjadi 11.791 orang. (kha/has/cnni)

Posting Komentar untuk "Pemerintah China Sediakan Dua Pesawat Jemput Warga Thailand dan Malaysia di Hubei"