Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Joe Biden: Perusuh di Gedung Capitol adalah Teroris Domestik!



Washington, Visi Muslim- Presiden Amerika terpilih Joe Biden pada hari Kamis, (7/1/2021) angkat bicara soal Presiden Donald Trump yang telah mengobarkan kerusuhan pads hari Rabu di Capitol AS, ia menyebutnya sebagai salah satu hari paling gelap dalam sejarah negara dan serangan terhadap demokrasi, dikutip Reuters.

Biden, berbicara di Wilmington, Delaware, di mana dia memperkenalkan calon untuk Departemen Kehakimannya, ia menyebut para pendukung Trump yang memaksa masuk ke gedung Capitol sebagai "teroris domestik".

“Jangan berani menyebut mereka pengunjuk rasa. Mereka adalah gerombolan perusuh, pemberontak, teroris domestik." kata Biden.

"Empat tahun terakhir kita memiliki seorang presiden yang menghina demokrasi kita, Konstitusi, supremasi hukum, jelas dalam semua yang telah dia lakukan," kata Biden tentang Trump yang berasal dari Partai Republik.

Kekacauan di Capitol AS terjadi ketika massa pro-Trump menyerbu gedung yang menampung Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat terungkap setelah Trump menghabiskan berminggu-minggu memanasi para pendukungnya dengan klaim palsu bahwa pemilu 3 November telah dicuri darinya. Pada rapat umum di depan Gedung Putih pada hari Rabu, Trump meminta para pendukungnya untuk berdemo ke gedung.

"Dia melakukan serangan habis-habisan terhadap institusi demokrasi kita sejak awal, dan kemarin hanyalah puncak dari serangan yang tak henti-hentinya itu," kata Biden.

DPR dan Senat dijadwalkan untuk mengesahkan hasil Electoral College, atas keberatan beberapa anggota parlemen dari Partai Republik, ketika Capitol dipaksa ditutup oleh kerumunan yang mengerumuni gedung.

Kongres berkumpul kembali beberapa jam kemudian dan Kamis pagi mengonfirmasi kemenangan pemilihan presiden Biden. Dia akan dilantik pada 20 Januari. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Joe Biden: Perusuh di Gedung Capitol adalah Teroris Domestik!"

close