Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turki dan Yunani Akan Bertemu untuk Membahas Masalah Pengeboran Hidrokarbon di Mediterania Timur



Ankara, Visi Muslim- Delegasi pertahanan Turki dan Yunani akan mengadakan pertemuan ke-4 tentang proses membangun kepercayaan antara kedua negara, kata Kementerian Pertahanan Turki pada hari Selasa, (25/5/2021).

Pertemuan akan diadakan pada hari Rabu ini dan Kamis melalui konferensi video, katanya dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Turki dan Yunani sepakat untuk melanjutkan pembicaraan tentang upaya membangun kepercayaan pada bulan lalu.

Turki mengatakan kegiatan pengeboran hidrokarbon, adalah sumber ketegangan antara kedua negara, pengeboran di kawasan Mediterania Timur tersebut didasarkan pada hak-hak sahnya yang bersumber dari hukum internasional.

Mereka secara konsisten membantah pengeboran sepihak pemerintah Siprus Yunani di Mediterania Timur, dengan mengatakan bahwa warga Siprus Turki juga memiliki hak atas sumber daya di daerah tersebut.

Pada tahun 1974, menyusul kudeta yang bertujuan untuk aneksasi Siprus oleh Yunani, Ankara melakukan intervensi sebagai kekuatan penjamin. Pada tahun 1983, Republik Turki Siprus Utara (TRNC) didirikan.

Beberapa dekade sejak itu telah terlihat beberapa upaya untuk menyelesaikan perselisihan, namun semuanya berakhir dengan kegagalan. Yang terbaru, diselenggarakan dengan partisipasi negara penjamin yakni Turki, Yunani, dan Inggris dan berakhir pada 2017 di Swiss. [] Nilufar Babayigit 

Posting Komentar untuk "Turki dan Yunani Akan Bertemu untuk Membahas Masalah Pengeboran Hidrokarbon di Mediterania Timur "