Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustadz M Taufik Ibnu Tamyiz: Ada Dua Faktor Penyebab Permasalahan Palestina



Banjarbaru, Visi Muslim-  Ulama Aswaja Banjarbaru, Ustadz M Taufik Ibnu Tamyiz menyampaikan ada dua faktor yang menjadi penyebab permasalahan Palestina belum juga terselesaikan.

“Pertama, faktor internal umat Islam itu sendiri. Dimana perjuangan sudah berubah, tidak lagi Waja sampai Kaputing. Umat Islam kadang kalau tidak diajak bicara tentang Palestina sudah tidak ingat lagi, seolah tidak ada lagi masalah Palestina. Kedua, karena umat Islam tidak mau bersatu. Israel berhasil berdiri ketika Umat Islam dipecah belah.” Ujar Ustadz Taufik, dalam Multaqo Ulama Aswaja Kalimantan Selatan yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Ulamagurunda Tv, Sabtu, (26/6/2021).

Multaqo yang mengangkat tema “Kebiadaban Israel di Gaza, Bukti Ketidakberdayaan dan Kegagalan Kapitalisme – Demokrasi – Nasionalisme – Komunisme dan Urgensitas Khilafah” kali ini Ust. Taufik menukil Kitab Manaqib Umar ibnu Khattab yang ditulis Imam Al Jauuzi.

“Bahwa Saiyyidina Umar bin Khattab berkata : Aku mengadukan kepada ALLAH SWT tentang bagaimana sabar teguhnya orang-orang yang khianat, sementara orang-orang tsiqah – yang terpercaya itu justru lemah”.

Kaum Yahudi berhasil mengambiil sebagian tanah Palestina juga melalui perjuangan yang panjang. Mereka memerlukan waktu 50 tahun hingga akhirnya berhasil mendirikan Negara Israel diatas tanah Palestina yang mereka rebut itu.

Diawali dari meminta sejengkal tanah kepada Sultan Abdul Hamid II, yang kemudian ditolak. Tapi mereka terus berulang dengan berbagai macam upaya dilakukan. Sampai akhirnya Khilafah runtuh pada tahun 1924 mereka masihh belum bisa merampas tanah Palestina. Perjuangan mereka terus dilanjutkan sampai akhirnya Israel berhasil berdiri pada 1948. Mereka teguh untuk itu.

Sementara Umat Islam berubah perjuangannya, yang dulu kaum muslimin teguh berjuang hingga akhir, sekarang berubah. Ditambah lagi terpecahbelahnya umat Islam sejak runtuhnya Khilafah hingga saat ini. Oleh sebab itu menurut Ustadz Taufik, menuntaskan masalah Palestina adalah diawali dari bagaimana membuat kaum muslimin bersatu kembali.

“Problemnya siapa yang akan menyatukan itu” tanya Ust. Taufik. “Untuk menyatukan air perlu adanya wadahnya, untuk menyatukan perlu ada karungnya, untuk menyatukan umat ini juga perlu ada wadah. Apa wadahnya? Umat ini mau bersatu dibawah siapa? Salah satu dan satu-satunya jalan yang Allah berikan adalah dengan adanya institusi yang namanya Khilafah”

Khilafah yang akan menyatukan dan memperkuat persatuan umat islam. Maka selanjutkan dengan kekuatan umat islam itu Israel dapat dienyahkan dari bumi kaum muslimin.

Ustadz Taufik menukil Kitab Ash Shawa’iq Al Murriqah Ibnul Hajar Al Haitami. “Bahwa para sahabat Nabi sepakat mengangkat seorang Imam – Imam An Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim mengatakan Khilafah – setelah wafatnya Rasulullah SAW itu hukumnya WAJIB. Bahkan para sahabat menjadikan kewajiban mengangkat Imam yang menyatukan Kaum Muslimin sebagai kewajiban terpenting.” Papar beliau diakhir pemaparannya.[]

Posting Komentar untuk "Ustadz M Taufik Ibnu Tamyiz: Ada Dua Faktor Penyebab Permasalahan Palestina"