Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustadzah Noval Tawang: Para Pengemban Dakwah Pastikan Tetap Berada dalam Jamaah

Ilustrasi


Jakarta, Visi Muslim-  Ustazah Noval Tawang mengingatkan para pengemban dakwah agar memastikan dirinya tetap berada dalam jamaah.

"Para pengemban dakwah harus memastikan dirinya agar tetap berada dalam jamaah dakwah dan beraktivitas bersama jamaah agar bisa saling mengingatkan dan menyemangati untuk menegakkan hukum-hukum Allah," tutur Ustazah Noval, sapaan akrabnya dalam video yang berjudul Pengemban Dakwah, Pastikan Anda Tetap dalam Jamaah, Jumat (17/9/2021)di kanal Youtube Muslimah Media Center.

Ia menjelaskan ini dengan meneladani Nabi SAW saat berdakwah. "Beliau berdakwah tidak sendirian. Ia mendakwahkan Islam secara berjamaah," jelasnya.

Ia mengibaratkan, apabila pengemban dakwah terpisah dengan jamaah bagaikan lidi yang digunakan menyapu dedaunan kering, sehingga akan susah untuk digunakan, sekalipun lidi itu dipegang oleh seratus orang. Namun menurutnya, jika lidi itu disatukan dan diikat menjadi sapu maka pasti akan lebih mudah digunakan untuk membersihkan dedaunan kering tersebut, bahkan sampah yang lainnya juga ikut dibersihkan.  

"Begitulah gambaran dakwah ketika sendiri-sendiri, karena tantangan dan godaan di medan dakwah akan sangat berat. Hal ini akan berbeda jika pengemban dakwah disatukan dalam jamaah yang rapi dan terorganisir, maka akan lebih mudah mencapai tujuan," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dakwah berjamaah juga bisa menjaga semangat pengemban dakwah, karena adakalanya futur menyapa pengemban dakwah di tengah perjalanannya. "Apalagi di tengah gempuran kapitalis sekularis yang menyerang berbagai lini dan banyak memberi guncangan kepada para pengemban dakwah. Maka dengan berjamaah para pengemban dakwah akan saling mengingatkan, menyemangati, untuk menegakkan hukum-hukum Allah. Dan yang tak kalah penting agar dakwah menjadi terarah," jelasnya.

"Jika ada pengemban dakwah mulai melirik dan tergoda pada kesenangan dunia yang membelokkan tujuan dakwahnya, maka akan ada yang mengingatkan dan menggandeng tangan mereka. Agar kembali ke rel dakwah dan supaya mereka kembali kepada tujuan dakwah yang telah diazamkan," pungkasnya. [] Isty Da'iyah

Posting Komentar untuk "Ustadzah Noval Tawang: Para Pengemban Dakwah Pastikan Tetap Berada dalam Jamaah"